You need to enable javaScript to run this app.

AHLAN WA SAHLAN TAHUN BARU ISLAM 1445 H

AHLAN WA SAHLAN TAHUN BARU ISLAM 1445 H

Segenap Keluarga Besar MI ASSHOMADIYAH mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1445 H, SEMOGA DI TAHUN INI KITA MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK LAGI, DIKUATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN SERTA DIKABULKAN SEGALA HARAPAN KITA. Amiiin3x

Tahun Baru Hijriyah

Do'a Akhir Tahun  Do'a Awal Tahun

Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Berikut Amalan yang paling utama di bulan Muharram.

Menyambut tahun baru Hijriah dalam kalender Islam, umat Muslim dianjurkan untuk memaknai hal ini sebagai refleksi untuk semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Mengingat bulan Muharram memiliki banyak keutamaan.

Salah satu keutamaan bulan Muharram di antaranya adalah sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36.


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚوَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ 

Artinya: “Sungguh bilangan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At-Taubah ayat 36).


Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur fi Ad'iyyati Tasyrahus Shudur membuat nadzam untuk mempermudah kita mengingat amalan apa saja yang dianjurkan untuk menyambut datangnya bulan Muharram.

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْصُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ

وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shlatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjengk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat Al-Ikhlas 1000 kali.

Adapun para ulama menganjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan berikut ini di bulan Muharram.

  1. Melakukan shalat
  2. Puasa
  3. Menyambung silaturahim
  4. Sedekah
  5. Mandi
  6. Mengenakan celak mata
  7. Ziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal)
  8. Menjenguk orang sakit
  9. Menambah nafkah keluarga
  10. Memotong kuku
  11. Mengusap kepala anak yatim
  12. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Demikianlah 12 amalan di bulan Muharram yang dianjurkan untuk diperbanyak. Semoga kita senantiasa selalu berada dalam ketakwaan dan ridlo-Nya. Wallahu a’lam.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Budhi Triastuti Maelani, S.E

- Kepala Madrasah -

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur ke hadlirat Alloh Swt yang telah melimpahkan nikmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua,…

Berlangganan
Banner