Pelaksanaan SAS 1 2024 - 2025
- Selasa, 10 Desember 2024
- Berita Pengumuman
- Admin Madrasah
- 0 komentar
Alhamdulillah pelaksanaan SAS (Sumatif Akhir Semester) 1 TAPEL 2024 - 2025 di MI Asshomadiyah berjalan lancar. Kegiatan diselenggarakan mulai tanggal 02 hingga 09 Desember 2024.
Siti Romi Syamsia, S.Pd, M.Pd. ketua panitia dan juga WAKA Kurikulum MI Asshomadiyah menggungkapkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mambantu kelacaran ujian SAS ini. “Terima kasih atas kerja sama semua pihak yang membantu kegiatan SAS ini, tanpa kerja sama tidak akan berjalan dengan baik”, ujarnya. beliau menambahkan bahwa setelah dilakukan Ujian utama SAS nantinya akan dilanjutkan ujian susulan SAS. Ujian susulan SAS ini untuk memberikan fasilitas kepada para guru yang inin menggunakan ujian susulan dikarenakan pada saat ujian utama kemarin ada beberapa siswa yang izin.
Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana siswa telah berkembang dalam proses belajar mereka.
Selain itu, asesmen sumatif juga bertujuan untuk memberikan umpan balik yang berguna bagi guru, siswa, dan orang tua. Hasil asesmen ini memberikan informasi yang jelas tentang area mana yang telah dikuasai siswa dengan baik dan area mana yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, hasil asesmen juga digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menentukan nilai atau grade siswa, yang kemudian menjadi landasan untuk membandingkan prestasi siswa dengan yang lainnya serta mempertimbangkan keputusan terkait kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Dengan demikian, asesmen sumatif memainkan peran penting dalam memastikan akuntabilitas dalam proses pendidikan sambil memberikan arah bagi pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa.