You need to enable javaScript to run this app.

Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

MI Asshomadiyah Gelar Rapat Kerja Guru Tahun Pelajaran 2025/2026 

Sidoarjo – 1-2 Juli 2025. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan menyongsong tahun ajaran baru 2025/2026, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Asshomadiyah Taman, Sidoarjo, menggelar Rapat Kerja (Raker) Guru selama dua hari berturut-turut, yaitu pada Selasa hingga Rabu, 1–2 Juli 2025 bertempat di ruang guru MI Asshomadiyah.

Rapat kerja ini mengusung tema "Mencetak Generasi Qur’ani yang Berakhlak Mulia, Berjiwa Pemimpin, serta Siap Menghadapi Tantangan Zaman". Tema tersebut menjadi pijakan dalam menyusun dan menyepakati arah kebijakan madrasah selama satu tahun ke depan, yang mencakup tiga fokus utama: penyusunan kurikulum, program kerja, dan anggaran kegiatan untuk tahun pelajaran 2025–2026.

Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

Sinergi Kepala Madrasah dan Civitas Akademika

Rapat kerja ini dihadiri langsung oleh Kepala MI Asshomadiyah, Ibu Budhi Triastuti Maelani, S.E., beserta seluruh jajaran dewan guru dan staf civitas akademika MI Asshomadiyah. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah menegaskan pentingnya raker sebagai momentum penyelarasan visi, misi, dan strategi pendidikan di lingkungan MI Asshomadiyah.

“MI Asshomadiyah tidak hanya sekadar mencerdaskan secara akademik, namun juga menanamkan nilai-nilai Qur’ani dan karakter kepemimpinan pada peserta didik. Rapat kerja ini adalah ruang musyawarah untuk menyamakan arah dan langkah kita sebagai pendidik," tegas beliau dalam pembukaan raker.

Beliau juga menambahkan bahwa tantangan pendidikan saat ini semakin kompleks. Oleh karena itu, para guru dituntut untuk mampu beradaptasi dan berinovasi dalam metode pembelajaran maupun manajemen kegiatan madrasah.

Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

Tujuan dan Ruang Lingkup Pembahasan

Rapat kerja MI Asshomadiyah tahun ini berfokus pada evaluasi program sebelumnya, serta perumusan kurikulum operasional, penyusunan kalender pendidikan, perencanaan program kegiatan tahunan, dan penyusunan anggaran yang akuntabel dan berorientasi pada peningkatan kualitas layanan pendidikan.

Selama dua hari pelaksanaan, seluruh peserta aktif terlibat dalam diskusi kelompok dan sesi pleno, yang menghasilkan berbagai keputusan strategis, antara lain:

  • Penetapan Kurikulum Merdeka yang disesuaikan dengan karakteristik madrasah

  • Penambahan porsi pendidikan tahfidz dan pembiasaan akhlak di kegiatan harian

  • Penyusunan program unggulan seperti “Satu Anak Satu Hafalan”, “Kelas Akhlak Mulia”, dan “Pemimpin Cilik MI Asshomadiyah”

  • Penyusunan program kerja tahunan madrasah meliputi kegiatan akademik, keagamaan, ekstrakurikuler, dan pembinaan karakter

  • Pengalokasian anggaran kegiatan yang transparan dan efektif untuk mendukung program prioritas

    Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

Komitmen Bersama dan Refleksi Peserta

Antusiasme Civitas MI Asshomadiyah tampak dari keterlibatan aktif para guru dalam memberikan masukan dan menyampaikan usulan program. Tidak hanya sekadar menyepakati agenda teknis, rapat kerja juga menjadi ruang evaluasi dan refleksi mendalam terhadap pelaksanaan pembelajaran dan manajemen madrasah selama tahun sebelumnya.

Tedy Tofan Aristian, M.Pd (WAKA Kurikulum), menyampaikan kesan positifnya terhadap jalannya rapat:

“Rapat kerja kali ini terasa lebih terarah dan penuh semangat. Banyak ide baru yang muncul dari para guru muda maupun senior. Ini mencerminkan semangat kolaboratif dan komitmen untuk menjadikan MI Asshomadiyah lebih maju,” ujarnya.

Senada dengan itu, Muhammad Faruq Amrullah, S.Pd (WAKA Kesiswaan), menyatakan bahwa hasil raker ini menjadi penyemangat baru bagi para guru untuk lebih solid dan profesional dalam mengemban amanah pendidikan.

“Kami sadar betul bahwa tantangan zaman sangat dinamis. Tapi dengan sinergi dan semangat Qur’ani, insyaAllah kita mampu membimbing anak-anak menjadi generasi unggul dunia akhirat.”

Menyatukan Langkah Menuju Generasi Qur’ani yang Siap Hadapi Tantangan Zaman

Harapan dan Langkah Ke Depan

Sebagai penutup, Kepala Madrasah kembali menegaskan bahwa hasil dari rapat kerja ini tidak hanya berhenti pada dokumen perencanaan, tetapi harus diwujudkan secara nyata dalam proses belajar mengajar dan pembinaan peserta didik di lapangan.

“Semua rencana dan program yang telah kita tetapkan harus menjadi gerakan bersama. Butuh komitmen, kerja sama, dan integritas seluruh civitas MI Asshomadiyah agar tujuan kita dapat tercapai,” tandas beliau.

MI Asshomadiyah berkomitmen menjadikan tahun pelajaran 2025/2026 sebagai momentum percepatan kualitas pendidikan berbasis nilai-nilai Qur’ani dan karakter mulia. Dengan raker sebagai fondasi awal, diharapkan seluruh guru dan tenaga kependidikan mampu menjalankan perannya secara maksimal demi mencetak generasi masa depan yang unggul, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan zaman.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Budhi Triastuti Maelani, S.E

- Kepala Madrasah -

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur ke hadlirat Alloh Swt yang telah melimpahkan nikmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua,…

Berlangganan
Banner